Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli


    Globalisasi adalah proses integrasi dan interkoneksi antara negara-negara, masyarakat, dan pasar di seluruh dunia. Hal ini terjadi melalui pertukaran informasi, ide, teknologi, barang, jasa, dan investasi yang semakin bebas dan cepat. Globalisasi melibatkan banyak aspek kehidupan, termasuk ekonomi, politik, sosial, budaya, dan lingkungan.

    Dalam konteks ekonomi, globalisasi mengacu pada peningkatan perdagangan internasional dan investasi lintas negara. Batasan perdagangan dan investasi yang lebih rendah, kemajuan teknologi komunikasi, dan transportasi yang lebih cepat memungkinkan perusahaan dan bisnis untuk beroperasi di berbagai negara. Hal ini menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat, penciptaan lapangan kerja, serta akses terhadap berbagai produk dan jasa di pasar global.

Adapun pengertian globalisasi menurut para ahli yakni :

Anthony Giddens
    Dilansir dari buku Demokratisasi dan Globalisasi (2022) karya Hesri Mintawati, berikut pengertian globalisasi menurut Anthony Giddens: "Globalisasi adalah kondisi di mana banyak orang menyadari bahwa mereka turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang terus berubah tanpa kendali."

Malcolm Waters 
    Dikutip dari buku Informasi dalam Konteks Sosial (2020) oleh Rhoni Rodin, berikut definisi globalisasi menurut Malcolm Waters: "Globalisasi adalah proses sosial yang berakibat pada pembatasan geografis dalam keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, terjelma dalam kesadaran manusia."

Selo Soemardjan 
    "Globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia, bertujuan mengikuti sistem dan kaidah tertentu yang sama."

Scholte 
    Globalisasi adalah meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini, tiap negara tetap mempertahankan identitasnya, namun makin tergantung satu sama lain.

Laurence E. Rothenberg Laurence 
Mendefinisikan globalisasi sebagai percepatan interaksi dan integrasi antarorang, antarperusahaan, dan antarpemerintah dari negara yang berbeda.



tags: pengertian globalisasi, globalisasi menurut para ahli, apa itu globalisasi, definisi globalisasi

Komentar

Popular Post

Siklus Hidrologi : Perjalanan Air di Bumi

Rekomendasi film Studio ghibli yang wajib ditonton

Cara Cepat Menjumlahkan Data di Exel Dengan Mudah